Wisata Telaga Biru Kuningan yang Mempesona

Wisata Telaga Biru Kuningan yang Mempesona - sekarang mulai menjadi salah satu primadona, karena banyak beredar foto-foto keindahan Telaga Biru di berbagai media sosial. Hal ini secara otomatis akan membuat masyarakat umum penasaran akan tempat yang satu ini. Sejak itulah, Telaga Biru semakin hari semakin ramai dikunjungi para wisatawan baik domestik maupun luar daerah.

Seperti yang sudah kita ketahui bila Kuningan adalah salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Secara administrasi Kuningan terdiri dari 32 Kecamatan, 361 Desa dan 15 Kelurahan. Wilayah Kuningan bisa dibilang cukup unik, karena mempunyai wilayah paduan antara dataran tinggi dan dataran rendah/lembah.

Secara teritorial kuningan berbatasan langsung dengan Cirebon, Ciamis, Cilacap, Brebes dan Majalengka. Maka dari itu kehadiran Kuningan sangat penting sebagai jalur penghubung moda transportasi darat antara Cirebon dengan kawasan timur Jawa Barat, dan juga sebagai jalan alternatif antara Bandung-Majalengka dan Jawa Tengah.

Dengan potensi letak geografis alam berupa daratan tinggi dan rendah, membuat wilayah Kuningan mempunyai potensi yang melimpah. Salah satunya mengalirkan air ke wilayah hilir di sekitarnya. Disamping terkenal sebagai sumber air kehidupan, kabupaten Kuningan ternyata juga menyimpan potensi wisata alam yang menakjubkan.  Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan nama Telaga Nilem atau Telaga Remis, nah kali ini kami akan mengulas informasi wisata Kuningan terbaru yaitu wisata Telaga Biru Cicerem.
Wisata Telaga Biru Kuningan yang Mempesona








Lokasi Kawasan Wisata telaga Biru Kuningan
Telaga Biru Cicerem,  berlokasi di kaki Gunung Ceremai dan mulai buka untuk umum pada tahun 2010 lalu. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bila nama telaga biru ini mulai ramai diperbincangkan oleh khalayak umum, karena kemuculan foto-fotonya di media sosial.

Akses Kawasan Wisata telaga Biru Kuningan
Walaupun rute menuju kota Kuningan lumayan jauh yaitu berjarak sekitar 247.7 Km dari Bandung dan bila dari Jakarta sejauh 252.2 Km, banyak para pengunjung mengaku tidak masalah dengan jarak sejauh itu tetapi mendapatkan pengalaman yang sangat seru.

Kawasan Wisata Telaga Biru Kuningan terletak di Desa Kaduela, Pesawahan, Kuningan atau berjarak sekitar 30.3 Kilometer dari pusat kota Kuningan. Bila anda ingin berwisata ketempat ini, pilihlah rute berikut ini sebagai acuan.
  • Dari arah Kota Cirebon atau Kuningan, arahkanlah kendaraan ke Jl. H. Juanda, lalu berbelok kiri ke arah Jalan Nanggeleng-Cirahayu/Jl. RE Martadinata di Cijoho. Ikuti terus jalan tersebut sampai bertemu bundaran dekat Taman Kunci Bersama.
  • Dari bundaran belok ke arah kanan Jl. Siliwangi, sampai melewati Alun-Alun Cilimus dan menjumpai bundaran tugu Mandiracan.
  • Dari tugu Mandiracan belok kiri menuju Jl. Mandirancan – Jl. Cirea-Pasawahan hingga melewati Objek Wisata Paniis Singkup dan  Situ Pariuk.
  • Setelah itu bertemu dengan perempatan belok kanan mengambil arah Jl. Pasawahan – Jl. Bina Lestari – Jl. Kaduela.
  • Kemudian anda cukup mengikuti jalan Kudela sampai melalui Situ Cicerem Kaduela.
  • Tiba di lokasi.
Harga Tiket Masuk Ke Kawasan Wisata Telaga Biru Kuningan
Setibanya di lokasi silahkan membeli tiket masuk yang hitungannya perkendaraan yaitu sekitar Rp. 5000 untuk kendaraan bermotor dan Rp. 10.000 untuk kendaraan roda empat.

Selain itu ada biaya tambahan parkir sebesar Rp. 3000 untuk kendaraan bermotor dan Rp. 5000 untuk kendaraan roda empat. Sangat terjangkau bukan? maka tidak heran bila lokasi ini masuk kedalam daftar kawasan wisata Kuningan termurah.

Keindahan Kawasan Wisatatelaga Biru Kuningan
Kawasan Wisata Telaga Biru Kuningan memang menyuguhkan suasana liburan dengan menikmati keindahan danau yang berbeda dengan danau biasanya. Mengapa demikian? Hal ini karena biasanya semua danau mempunyai air yang keruh dan berwarna cokelat. Tetapi lain tidak di tempat ini, air danaunya warna biru jernih sehingga anda bisa melihat dasar danau dengan jelas.

Sangat unik bukan? Entah apa alasan yang menyebabkan sampai air di danau ini mempunyai warna biru dan jernih, sama seperti Telaga Nilem. Namun lain halnya bila anda menyaksikan Telaga Remis yang mempunyai warna air yang hijau tosca. Padahal lokasi dari ketiga situ di Kuningan ini tidak terlalu jauh, memang sungguh aneh warna airnya bisa berbeda-beda seperti itu.

Mungkin untuk kepastian jawabannya perlu ada penelitian lebih jauh guna mengetahui kebenaran fenomena ini. Meskipun demikian, yang jelas dari tiga buah telaga ini semuanya mempunyai air yang  sangat jernih, mungkin bisa jadi karena sumber airnya langsung dari mata air.

Selain bisa bersantai sambil menikmati keindahan air di Telaga Biru, anda juga bisa bermain bersama ribuan ikan dengan ukuran besar yang ada telaga ini. Dengan banyaknya ikan yang jumlahnya ribuan itu, logikanya air akan memiliki bau amis dan air menjadi keruh, tetapi hal ini tidak berlaku untuk Telaga Biru? Sangat aneh bukan?

Anda tidak perlu bingung cara memanggil rombongan ikan tersebut supaya datang menghampiri, anda hanya cukup berdiri saja di tepi telaga maka ikan langsung menghampiri. Walaupun ikan-ikan ini bukan peliharaan tetapi mungkin saja sudah terbiasa dengan kehadiran orang-orang atau mungkin juga mereka berharap dapat memperoleh makanan.

Yang menarik meskipun ikan ditelaga ini sangat banyak, tidak ada satu warga pun yang melakukan kegiatan memancing di kawasan telaga ini. Momen kumpulan ikan yang mendekati para pengunjung inilah yang sangat menarik untuk diabadikan dengan kamera.

Bila ingin berenang di telaga ini, tidak perlu khawatir anda bisa bermain air atau berenang di pinggir telaga, tetapi harus di ingat agar selalu berhati-hati karena telaga ini memiliki kedalaman hingga 5 meter.

Fasilitas Di Kawasan Wisata telaga Biru Kuningan

Bicara soal fasilitas, memang di Telaga Biru  belum terdapat fasilitas pendukung yang lengkap. Dimana fasilitas yang tersedia hanya berupa toilet dan dua buah warung serta lokasi parkir saja.

Mungkin hal tersebut karena terkendala modal, dimana kawasan ini hanya dikelola dari swadaya warga sekitat saja yang tergabung didalam Karang Taruna Warga, tanpa ada bantuan dari pihak pemerintah setempat.

Tips Berkunjung Di Kawasan Wisata Telaga Biru Kuningan
  • Pakailah aplikasi google maps pada android anda sebagai patokan tambahan mengenai rute ke Telaga Biru Kuningan.
  • Persiapkanlah semua peralatan yang dibutuhkan, dan beberapa alat tambahan seperti  kamera untuk mengabadikan moment terindah bersana teman terdekat ataupun kelurga tercinta ditempat ini.
  • Jangan lupa membawa alat kesehatan seperti sabun, tissue basah, sampo, antiseptik.
  • Siapkan fisik dan kendaraan anda agar liburan bisa berjalan dengan lancar.
  • Jagalah selalu kebersihan telaga dengan membuang sampah pada tempatnya, karena kebersihan adalah tanggung jawab kita bersama. Karena belum terdapat fasilitas tempat sampah, sebaiknya bersikaplah dengan bijak agar tidak membuang sampah secara sembarangan. Ada baiknya, sampah terlebih dahulu dikumpulkan lalu diberikan pada pemilik warung di area Telaga Biru.
Demikianlah ulasan singkat tentang pesona Wisata Telaga Biru Kuningan yang wajib anda singgahi saat berlibur di kota ini. Semoga ada manfaatnya buat kita semua khususnya para pembaca, dan jangan lupa di share juga ke teman-teman yang lain yah. Dan tak bosan kami mengingatkan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan pihak pengelolah. Selamat berlibur.

Disqus Comments