Menikmati Keindahan Kawasan Wisata Situ Bagendit Garut

Menikmati Keindahan Kawasan Wisata Situ Bagendit Garut - Bila anda sedang berada di kota Garut rasanya belum lengkap bila tidak singgah di tempat wisata yang cukup populer ini yakni Situ Bagendit. Secara umum memang wilayah Garut memiliki banyak situ atau danau, hal ini karena topografi wilayahnya yang banyak perbukitan dan lembah-lembah, sehingga menjadikan landscape alami kota tersebut menjadi indah.

Situ Bagendit Garut yaitu sebuah danau yang berada di wilayah Garut yang selalu ramai dikunjungi wisatawan karena letaknya yang strategis dan mudah dijangkau.

Objek wisata ini masih nampak asri, nyaman dan mempunyai kualitas lingkungan yang bersih, selain itu, berbagai bangunan yang ada di sekitar kawasan ini, baik semi permanen ataupun yang permanen semuanya dalam keadaan baik dan terawat.

Menikmati Keindahan Kawasan Wisata Situ Bagendit Garut

Menikmati Keindahan Kawasan Wisata Situ Bagendit Garut

Menikmati Keindahan Kawasan Wisata Situ Bagendit Garut

Menikmati Keindahan Kawasan Wisata Situ Bagendit Garut

Menikmati Keindahan Kawasan Wisata Situ Bagendit Garut


Lokasi Wisata Situ Bagendit

Kawasan Wisata Situ Bagendit berada di Ds. Bagendit, Kec. Banyuresmi,Kab. Garut, Jawa Barat. Situ ini adalah objek wisata alam berupa danau yang secara administrasi berbatasan langsung dengan, Ds. Banyuresmi disebelah utara, Ds. Cipicung disebelah selatan, Ds. Binakarya disebelah timur, dan Ds. Sukamukti disebelah barat.

Lokasi wisata Situ Bagendit dari kota Garut berjarak sekitar 4 kilometer dan dapat dijangkau dengan berbagai alat transportasi.

Bila anda memakai kendaraan umum, maka bisa menumpang angkutan kota dengan trayek terminal Guntur-Banyuresmi, dan turunlah tepat disamping Situ Bagendit. Pilihan transportasi lainnya anda bisa menyewa delman ataupun andong.

Fasilitas Wisata Situ Bagendit Garut

Kawasan wisata situ bagendit sudah memiliki beberapa fasilitas yang bisa anda manfaatkan, antara  lain sebagai berikut :
  • Penyewaan 60 buah rakit yangbertarif sebesar Rp.25.000/15 menit.
  • Permainan sepeda air yang bertarif sebesar Rp.10.000/15 menit.
  • Fasilitas tempat bersantai berupa bangku taman dan enam buah shelter yang disewakan untuk wisatawan dengan tarif sebesar Rp.3.000/jam.
  • Fasilitas berupa kereta api mini untuk anak-anak yang bertarif sebesar Rp.2.000
  • Kolam renang
Nuansa di kawasan wisata Situ Bagendit ini tergolong lumayan nyaman karena pembangunannya telah terencana secara baik oleh dinas pariwisata,tetapi masih saja ada beberapa kios liar dan pedagang kaki lima yang menjajakan barang dagangan mereka sembarangan sehingga keasrian ditempat ini menjadi sedikit ternodai.

Mitos Asal Usul Tentang Kawasan Wisata Situ Bagendit

Bila di Bandung populer dengan mitos asal muasal terjadinya Gunung Tangkuban Perahu yang legendaris itu, ternyata dikawasan Wisata Situ Bagendit Garut ini juga mempunyai cerita legenda rakyat yang sangat terkenal dikalangan masyarakat sekitar.

Konon pada zaman dahulu kala disekitar tempat ini ada seorang wanita bernama Nyai Bagendit. Sepeninggal suaminya Nyai Bagendit ini mewarisi banyak sekali harta kekayaan berupa perhiasan emas yang sangat banyak.

Namun,karena sudah menjadi kaya munculah sifat kesombongan dalam dirinya dan gemar melakukan pesta hanya untuk pamer kekayaannya.Nah, salah satu sifat buruknya yakni tidak pernah mau menolong orang disekitar rumahnya yang dalam keadaan susah.

Pada suatu ketika saat dia sedang berpesta untuk pamer kekayaan datanglah pengemis tua yang mau minta sedikit makanan karena lapar, tetapi Nyai Bagendit tidak mau memberinya bahkan langsung mengusir pengemis tua itu, dan akhirnya pengemis itupun pergi.

Tetapi sangat aneh pada esok harinya di depan rumah nyai Bagendit ada sebuah tongkat tertancap yang tak dapat dicabut oleh orang-orang di desa tersebut.

Saat itulah datang seorang pengemis tua yang diusir oleh Nyai Bagendit sebelumnya, akhirnya pengemis itupun mencabut tongkat tersebut dan menyemburlah air dari lobang tempat tongkat tersebut menancap tanpa henti-hentinya.

Oleh karena air yang keluar tersebut tidak kunjung berhenti, maka desa tersebut menjadi banjir dan masyarakat sekitar pun berbondong-bondong menyelamatkan diri dan mengungsi ketempat yang aman. Namun Nyai Bagendit ini tetap bertahan ditempat itu untuk menjaga semua harta kekayaannya dan pada akhirnya ikut tenggelam beserta dengan seluruh hartanya.

Dari tempat ini kemudian terbentuklah sebuah danau yang oleh masyarakat sekitar kemudian diberi nama situ bagendit yang hingga kini menjadi kawasan wisata di Garut yang populer.

Kurang lebih pesan penting yang bisa kita ambil darikisah situ bagendit ini adalah jangan pernah sombong karena harta.

Hunting Foto di Situ Bagendit

Tempat wisata Situ Bagendit ini sangat cocok untuk menghabiskan liburan akhir pekan dengan pasangan terkasih atau keluarga tercinta. Abadikanlah semua moment indah bersama orang terkasihdi Situ Bagendit ini sepuasnya, salah satunya yaitu bermain sepeda air, dan menaiki perahu berkeliling danau.Tempat ini memang nampak sangat romantis, sehingga tidak heran bila banyak para pengunjung yang melakukan kegiatan hunting fotodi tempat wisata ini.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Situ Bagendit


Menikmati liburan yang menyenangkan dengan budget yang murah namun berkualitas adalah keinginan setiap orang.

Nah, kawasan wisata ini bisa menjadi pilihan yang cocok untuk anda kunjungi bersama keluarga ataupun teman-teman terdekat saat liburan tiba nanti.

Untuk biaya tiket masuk ke kawasan Wisata Situ Bagendit sangatlah terjangkau, yaitu hanya sebesar Rp.5000/orang.

Sedangkan untuk waktu operasionalnya buka setiap hari,dari pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

Harga tiket diatas tidak termasuk pemakaian wahana dilokasi ini, misalnya menyewa rakit yang bisa anda pakai selama 15 menit dengan tarif sewa sebesar Rp.25000, dan Permainan sepeda air dengan biaya sewa sebesar  Rp.10.000/ 15 menit.

Harga-harga tersebut tidaklah mengikat, karena bisa berubah sewaktu-waktu.

Rute Jalan Menuju Kawasan Wisata Situ Bagendit

Kawasan Wisata Situ Bagendit Garut ini berlokasi di Jl. Kyai Haji Hasan Arif,Kec. Banyuresmi,Kab. Garut, Jawa Barat.

Untuk sampai di tempat wisata ini bila berasal dari kota Bandung atau Jakarta bisa keluar di pintu Tol Cileunyi, kemudian melanjutkan perjalanan kearah Rancaekek, dan Nagreg, setelah tiba di Jl. Cagak berbeloklah ke arah kanan menuju Garut, dari sana ikutilah petunjuk jalan yang akan mengarahkan anda menuju kawasan Wisata Situ Bagendit.

Bila ditengah perjalanan menuju kawasan Wisata Situ Bagendit anda merasakan lapar,mampirlah di Restoran Nasi liwet Asep Stroberi untuk menikmati sajian kuliner yang lokasinya sangat nyaman,dan juga bisa menikmati pemandangan yang sangat indah dari saung tempat makan, berupa hamparan sawah yang hijau dan asri.







































Disqus Comments